Bermain Permainan Yang Mencerdaskan

Bermain Permainan Yang Mencerdaskan  Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Aspek kognitif, psikomotor, afektif, dan sosial-emosi anak berkembang lewat bermain. Ayo Bunda ajak balita Anda bermain sebagai stimulasi. Anda bisa melakukan berbagai permainan berikut ini

Bermain bersama 1-2 tahun

Tebak foto
.
Cara bermain: Siapakan foto anak dan anggota keluarga lainnya, saat bayi dan kini. Jajarkan di depannya, Tanya anak, “Ibu yang man?: Jika ia menunjuk foto yang salah, beritahu foto siapa itu. Jika yang ditunjukknya benar, bersoraklah.
Manfaat: Melatih memori visual, bersosialisasi saat anak berbincang dengan Anda.

Menyeberang Sungai.
Cara bermain; Siapkan 10 keping karpet puzzle. Samung membentuk jalur berjalan. Seolah-olah “jembatan,” beri contoh cara menyeberanginya. Ajak anak berimajinasi seolah lantai di luar jembatan adalah ‘sungai’. Jika tersentuh, ia bis abasah. Setiap anak ‘menyeberang,’ pura-puralah melihat ikan di sungai. Tepuk tangan bila dia sukses menyebarang!
Manfaat:
mengembangkan imajinasi, melatih koordinasi mata dan kaki, melatih bicara.

Bermain bersama 2-3 tahun.

Gelas ajaib.

Cara bemain: Siapkan 3 gelas plastic berbeda warna dna benda kecil, misalnya kacang. Taruh kacang di meja, tutup pakai gelas. Minta anak menutup kacang. Jika berhasil menak, pindh-pindahkan gelas dengan menggeser simpang siur. Minta anak menebak lagi, di gelas mana kacang berada. Bila terlalu mudah, minta anak menutup mata, pindahkan kacang ke bawah gelas lain, dna minta dia menebak.
Manfaat: Mengetahui ukuran lebih besar dan lebih kecil, memahami konsep meski tidak terlihat, mengenal konsep di dalam dan di luar, dan belajar konsentrasi.

Tebak bau.
Cara bermain: Tanpa dilihat anak, siapkan ebnda beraroma khas (misalnya jeruk, bawang merah, bunga) dan kain penutup mata. Tutup mata anak dengan kain, ambil benda dan dekatkan ke hidungnya, lalu minta ia menebak benda apa itu.
Manfaat: Merangsang indera penciuman, mengasah kemampuan mengingat, dan belajar membedakan benda melalui aromanya.



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

 
 border=
Dicubit Teman
Pernahkah anak Anda dicubit oleh temannya sampai biru?
Ya
Tidak