Belanja Untuk Peduli Sosial

 

Caption

Anda gemar berbelanja online? Nah, hingga 20 November 2015, Anda bisa membeli produk-produk berkualitas dari wirausaha sosial lokal, sekaligus berkontribusi terhadap penyelesaian beragam isu sosial, dengan mengakses Bazaar Online #BelidanPeduli di sini. Sebanyak 11 wirausaha sosial yang mewakili sejumlah kategori telah bergabung di wadah belanja online khusus yang diinisiasi oleh Bank DBS Indonesia dan BukaLapak.com tersebut.

Misalnya, produk perawatan tubuh yang dibuat oleh Wangsa Jelita, dengan memberdayakan petani mawar di Bandung. Atau, produk sandal selop Du’Anyam dari anyaman daun lontar, yang dibuat oleh para wanita hamil dan menyusui di Flores. Selain fungsional, setiap pembelian produk itu akan membantu ibu-ibu hamil tersebut melahirkan bayi yang sehat. Ada juga produk jilbab dan busana muslim Nalacity, yang melakukan pemberdayaan bagi orang-orang yang pernah mengalami kusta (OYPMK), atau kacamata trensi Sahawood yang berbahan kayu, hasil kerajinan komunitas pencandu narkoba, orang dengan HIV/AIDS, mantan napi, yang selalu dianggap sampah masyarakat. Sejumlah pernak-pernik berbahan dasar kain tenun khas Toraha produksi Torajamelo juga bisa Anda dapatkan, yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan perempuan penenun serta melestarikan budaya tenun Indonesia.

“Masalah-masalah sosial yang terjadi di negeri kita adalah masalah bangsa, jadi merupakan tugas kita semua untuk turut menyelesaikannya, dan bukan tugas pemerintah saja. untuk itu, semangat kepedulian memang perlu disebarluaskan, dan wujud nyata terkecil dari kepedulian itu adalah aksi kita membeli produk-produk yang dihasilkan oleh para wirausaha sosial yang telah terjun langsung memberikan solusi,” ujar Dewi Meisari, Senior Associate UKM Centre Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Demi menambahkan, “Kita bisa rama-ramai menjadi bagian dari support system bagi mnereka. Cara paling sederhana adalah dengan berpartisipasi dalam aksi #BelidanPeduli.”

Rudy Tandjung, Chief Operating Officer Bank DBS Indonesia, sendiri mengungkapkan bahwa kampanye #BelidanPeduli merupakan bagian dari misi brand Bank DBS Indonesia, ‘Igniting Possibilities, Sparking Joy” (Menciptakan Peluand dan Memercikkan Kebahagiaan) atau SPARK, untuk mendukung dan memberikan kesempatan bagi perkembangan wirausaha sosial. “Lewat program ini, kami ingin meningkatkan kesadaran akan kewirausahaan sosial di Indonesia dan berupaya mengembangkannya, karena kewirausahaan sosial dapat menjadi salah satu potensi pendongkrak pertumbuhan ekonomi,” ungkapnya.

(IS/ERN)
 
 
 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Mewujudkan Indonesia Bersih

Permasalahan sampah sangatlah pelik, kesadaran dan komitmen semua pihak yang terlibat dalam mata rantai persampahan untuk mengupayakan pengelolaan sampah yang terintegrasi.... read more