Cerita Sukses Menyapih Balita

 

Dokumentasi Pribadi

Prita Apresianti, Redaktur Pelaksana Ayahbunda, Bunda dari Resya dan Nayla

Saya hanya bisa menyusui Resya, anak pertama saya hingga usianya 3 bulan. Karena itu saat usia anak kedua saya, Nayla, mencapai 2 tahun dan saya masih menyusuinya, rasanya lega sekali. Selama dua bulan, saya persiapkan Nayla dengan mengajaknya bicara. Menjelaskan bahwa ia sudah besar dan sudah waktunya berhenti menyusu pada bunda. Frekuensi menyusui juga saya kurangi dan saya tidak memompa payudara lagi. Sebagai gantinya, Nayla minum susu bubuk saat saya bekerja.

Meski begitu, sepertinya saya dan Nayla tidak 100% siap kalau terus bersama hingga akhirnya ia menyusu lagi. Akhirnya saya memutuskan untuk pergi liburan ke Hong Kong selama 5 hari bersama sahabat saya, Monique. Kebetulan, ia juga merasa perlu mempunyai me time dari kesibukannya sebagai seorang desainer maupun bunda. Suami memberi lampu hijau dan Ibu saya bersedia ikut menemani anak-anak di rumah.
Selama di Hong Kong, beberapa kali sempat payudara saya terasa kencang. Jika begitu langsung saya perah dengan tangan, sekadar mengurangi sakitnya sampai terasa lebih nyaman. Saya juga rutin Facetime untuk mengecek keadaan Nayla. Memang ia sempat rewel di hari-hari awal kepergian saya, tapi di hari ketiga Nayla sudah tidur sepanjang malam dengan pulas. Hore! Saya pun jadi makin semangat meneruskan liburan.
Yang paling berkesan saat kami makan di restoran Sky 100, yang berada di salah satu gedung tertinggi, dan menunya dimasak dengan konsep open kitchen. Setelah itu dihidangkan di piring via sendok kayu panjang, langsung oleh chef di hadapan kita. Kami makan lahap sekali, karena kali ini makan tanpa disela menyusui atau menyuapi anak. Kami juga berburu sneakers di Sneakers Street, mengumpulkan banyak stok foto untuk Instagram dan sempat berkeliling Sun Street –area  anak muda Hong Kong, yang isinya deretan toko berisi barang-barang indie karya desainer lokal. Di malam hari, pertama kalinya dalam hidup saya setelah punya dua anak, saya tertidur pulas sepanjang malam dan baru bangun jam 9 pagi! Nikmatnyaaaa... Hahaha...

Apa yang terjadi sepulangnya saya ke rumah? Nayla sempat teringat dengan ritual nenen dan merogoh ke balik baju saya. Langsung saya ingatkan kalau ASI-nya sudah habis. Saya pikir Nayla akan bersikeras, ternyata tidak, tuh! Ia sibuk bermain dengan boneka anjing di kandang mungil oleh-oleh dari saya. (PAS)

Baca Juga:
Tips Menyapih dengan Cinta
Jangan Terlambat Menyapih Balita


 
 

 


Artikel Rekomendasi

Load more