Mimisan Karena Faktor Keturunan?

 

Tanya: Dokter, anak saya umur 3 tahun 4 bulan sering sekali mimisan. Kadang tanpa sebab dan ketika sedang pilek atau panas bisa lebih sering. Pernah baru bangun dari tidur malam tiba-tiba mimisan dengan jumlah yang cukup banyak.

Apakah mimisan pada anak karena dipengaruhi faktor keturunan? Karena saya dan ibu saya sejak kecil juga sering mengalaminya. Sering kali tanpa sebab. Tiba-tiba darah keluar begitu saja. Berhentipun begitu saja. Bagaimana cara mengatasinya dok? terima kasih

Jawab: Kejadian mimisan pada anak cukup sering terjadi yang biasanya akan berkurang ketika remaja. Penyebab mimisan yang paling sering adalah masih tipisnya selaput lendir di daerah hidung (plexus Kiesselbach) pada anak. Kondisi inilah yang menyebabkan daerah hidung mudah cedera oleh benda asing, infeksi bahkan udara kering. Mimisan juga dipengaruhi faktor keturunan.

Mimisan biasanya akan berhenti spontan dalam waktu beberapa menit, dapat dipercepat dengan kompres dingin. Tetapi bila terus berdarah sebaiknya bawa anak ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

dr.L.Sastra SpA
RSB.ASIH, Jakarta

 


Artikel Rekomendasi

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more

Load more