Suplemen Untuk Balita

 

Tanya: Begitu banyaknya vitamin untuk balita di pasaran, bagaimana menentukan yang sesuai untuk balita saya (2,5) agar sehat dan beratnya ideal?

Jawab: Berat badan balita yang ideal dapat dicapai dengan memenuhi kebutuhan berbagai zat gizi melalui menu makanan bergizi lengkap dan seimbang, setiap kali makan. Yaitu, berupa nasi atau sumber karbohidrat pengganti lainnya, berbagai jenis sayur dan buah berwarna, protein hewani (telur, ikan, daging), dan protein nabati (kacang-kacangan, tahu, tempe), susu, minyak, serta gula. Dengan pemberian gizi lengkap dan seimbang dari menu makanannya sehari-hari, sebetulnya balita sudah tidak memerlukan tambahan (suplemen) vitamin dan mineral.

Namun bila kebetulan balita sedang sakit sehingga nafsu makannya terganggu, Anda dapat memberikan suplemen vitamin sesuai saran dokter, agar tidak terjadi kelebihan vitamin atau hipervitaminosis yang juga akan mengganggu kesehatan balita Anda.

 


Artikel Rekomendasi

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more

Load more