Ini 6 Pencapaian Anak di Tahun Pertamanya

 




Foto: Pixabay


 
Selama satu tahun, si kecil mengalami pencapaian yang luar biasa. Tak hanya fisiknya yang bertumbuh lebih besar, tapi juga perkembangan otak, kemampuan kognitif, dan sosialnya berkembang baik. Saat ini, ia sedang bersiap melepaskan statusnya sebagai bayi kecil. Berikut pencapaian anak di tahun pertamanya.
 
0-2 Bulan
Tak banyak yang bisa dilakukan bayi di usia ini. Si kecil lebih banyak mengekspresikan perasaannya dengan menangis. Ia baru mulai belajar menggunakan inderanya untuk menjelajahi dunia di sekitarnya dengan belajar fokus mengikuti objek bergerak, membedakan nada dan volume suara, melihat dan membedakan semua warna dengan tingkat kecerahannya, serta mulai mengantisipasi peristiwa (membuat gerakan mengisap saat melihat puting).
 
3-4 Bulan
Ketajaman visualnya mulai meningkat. Bayi mulai mengenali wajah dan membalas tatapan Anda, meniru ekspresi (tersenyum, mengerutkan kening), dan menanggapi suara yang familiar. Ia mampu mengangkat dan menggerakkan kepala dari satu sisi ke sisi lain dalam posisi tengkurap, kepala tegak saat digendong, menggenggam objek dan cengkraman jemarinya sangat kuat, meraih dan mengambil benda di sisinya, mulai merasakan beban pada kaki, serta berguman, memekik, atau tertawa keras.
 
5-6 Bulan
Kontrol bayi terhadap tubuhnya sudah meningkat. Kakinya sudah bisa menendang-nendang, berguling, menyemburkan air liur dari mulut, menangis jika ditinggal, mengunyah dan menggigit, menyuarakan suku kata seperti “ma”, “mu”, “da”, dan “di”, duduk sendiri, dan mengonsumsi MPASI.
 
7-8 Bulan
Bayi dapat mengenali nama mereka dan menoleh saat dipanggil serta merespons kata-kata yang sudah akrab. Ia berceloteh dengan cara yang lebih kompleks, merangkak, merespon ekspresi emosi orang lain, bertepuk tangan, takut dengan orang asing, dan menempatkan satu objek ke dalam wadah.
 
9-10 Bulan
Bayi dapat meniru gerakan dan tindakan, seperti melempar barang dan memahami kata sederhana seperti “tidak”, juga berjalan dengan cara ditatah atau berpengan pada furnitur di sekitarnya.
 
11-12 Bulan
Bayi dapat mengikuti objek yang bergerak cepat, mengucapkan 2-4 kata, melakukan langkah pertama anak, mengembangkan keterikatan pada objek, dan mengalami kecemasan perpisahan ketika jauh dari orang tua mereka.


ESTER SONDANG


Baca juga:
6 Prestasi Balita yang Menggemaskan
Bukan Hanya Saat Ulang Tahun, Ini 3 Alasan Pentingnya Merayakan Hidup

 

 


Artikel Rekomendasi

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Bayi

Agar tetap sehat, kulit bayi dan balita harus tetap dijaga dengan perawatan yang benar. Penggunaan lotion, sabun, makanan, bahan pakaian, juga menjadi perhatian. Baca tip-tipnya.... read more

Load more