8 Cara Suami Mempercepat Persalinan Istri

 


Menjelang HPL, biasanya calon ibu mulai was-was menunggu kapan kontraksi akan datang. Nah, agar persalinan berjalan lancar, memasuki usia 37 minggu, sebaiknya calon aya juga turut serta membantu. Apa yang bisa dilakukan? Yakni dengan merangsang hormon oksitosin ibu.
 
Hormon oksitosin adalah salah satu hormon yang berperan penting dalam persalinan. Hormon ini bertugas memicu dan mengatur kontraksi selama persalinan.
 
Nah, hormon oksitosin sendiri dikenal sebagai hormon cinta. Hormone ini dapat membangun ketenangan dan emosi positif bagi Mama yang akan melahirkan.
 
Apa saja yang bisa dilakukan ayah?
 
Memberikan Pijatan
Manjakan ibu dengan cara memberikan pijatan. Rendam kaki ibu dengan air hangat yang ditambahkan dengan minyak esensial. Anda bisa memilih  lavender yang membawa efek relaksasi. Sentuhan lembut ayah akan merangsang hormon oksitosin ibu sehingga ibu lebih rileks.
 
Pelukan dan Ciuman
Pelukan dan ciuman sangat ampuh dalam merangsang hormon oksitosin. Dengan dipeluk dan dicium, ibu akan merasakan emosi yang positif.
 
Kata-kata Sayang
Berikan ibu kata-kata sayang yang romantis. Sekaligus, ucapkanlah terimakasih bahwa ia sudah menjaga buah hati di dalam rahimnya selama 9 bulan. Berikan juga pujian kepadanya.
 
Afirmasi Positif
Berikan afirmasi positif pada ibu bahwa tubuhnya mampu melahirkan sang buah hati. Katakan bahwa persalinan akan berjalan lancar.
 
Seks
Seks dikenal cukup ampuh dalam memicu kontraksi. Orgasme pada perempuan mampu membuka leher rahim.
 
Merangsang Puting
Hal ini dapat memicu kontraksi secara alami. Namun pastikan ayah melakukannya secara lembut.
 
Putarkan Lagu Favorit
Dengan mendengarkan lagu favorit, ibu akan menjadi rileks dan hormon oksitosin pun lepas.
 
Berdoa Bersama
Berdoa dapat menekan kecemasan seorang ibu. Dalam kondisi cemas, hormon oksitosin tidak akan dilepaskan. Oleh karenanya, berdoa membantu ibu mendapatkan emosi yang lebih positif.
 
Lela Latifa
 

 

 


Artikel Rekomendasi

Load more