Kepala Bayi Bengkak Akibat Persalinan Sulit

 

Pada beberapa persalinan yang prosesnya panjang dan sulit, kepala bayi kerap terlihat bengkak. Jika hal ini terjadi pada bayi Anda, perlukah terapi khusus?

 

Proses persalinan bayi yang panjang dan sulit, sering menyebabkan pengumpulan cairan di bawah kulit kepala bayi, sehingga kepala bayi terlihat bengkak. Dalam istilah kedokteran dinamakan Caput Succedaneum, seperti yang disebut dr. Rinawati Rohsiswatmo. SpA dari IDAI Jaya. Pada umumnya, Caput Succedaneum ini menghilang dalam kurun waktu 1 hari.

 

Benjolan lain yang kerap terlihat di kepala bayi dan tidak kunjung menghilang dalam waktu 2-3 hari, dinamakan cefal hematom. Benjolan ini diakibatkan pengumpulan darah di bawah tulang kepala (tulang parietal). Benjolan ini terlokalisir di satu bagian kepala, bisa tunggal atau lebih dari satu benjolan yang tergantung luasnya benjolan. Benjolan ini kadang-kadang baru menghilang sampai berbulan-bulan.

 

Untuk benjolan semacam ini, tidak ada terapi khusus, biarkan saja menghilang secara alamiah. Pada umumnya, benjolan ini tidak menimbulkan gejala sisa pada otak dan dampak pada perkembangan anak.


 


Artikel Rekomendasi

Load more