Stretching, Anti Capek Saat Piknik

 

Usir keluhan penat saat piknik keluarga dengan mengajak anak dengan melakukan stretching (peregangan). Gerakannya sederhana, tapi manfaatnya luar biasa.

Piknik dengan melakukan perjalanan piknik jauh menggunakan mobil memang mengasyikkan. Selain kebersamaan keluarga semakin terjalin erat, balita Anda pun mendapat banyak pemandangan menarik yang sekaligus memperkaya pengetahuan mereka.

Tapi jangan lupa, anak juga bisa bosan lho, karena terus-menerus di dalam mobil dalam waktu lama. Ya, ruang gerak mereka di dalam mobil memang terbatas. Mana ada balita yang senang bergerak bebas tahan dalam kondisi seperti ini?

Bila tidak diatasi, kebosanan mereka bisa mengubah perjalanan Anda sekeluarga yang tadinya piknik penuh keceriaan jadi berantakan. Bukan itu saja. Berada dalam ruang gerak terbatas dalam waktu lama, juga mengganggu kelancaran peredaran darah di seluruh tubuh. Akibatnya, badan jadi pegal-pegal. Kalau sudah begini, lagi-lagi anak rewel, perjalanan piknik pun jadi tak nyaman.

Stretching, yuk! Rahasia kenyamanan perjalanan piknik jauh adalah kebugaran tubuh. Tak perlu melakukan olahraga total di tengah perjalanan piknik Anda, karena sedikit melakukan peregangan (stretching) pun, sudah akan memompa semangat keluarga Anda meneruskan perjalanan. Berikut caranya.
  • Setiap 2 jam sekali, usahakan berhenti dan beristirahat di tengah perjalanan.
  • Pilih tempat yang aman dan nyaman, terutama bagi si balita. Selain di taman atau tempat yang memang khusus dibuat untuk beristirahat, daerah perkebunan yang sejuk juga ideal.
  • Selama berisitirahat, ajak anak-anak melakukan gerakan peregangan ringan untuk melancarkan lagi peredaran darah.
  • Tak perlu menjelaskan panjang lebar tentang tujuan dan manfaat latihan peregangan ini pada si 3 tahun. Cukup katakan, Anda ingin melakukan permainan bersama mereka.
  • Hindari gerakan rumit. Pilih gerakan sederhana yang mudah dilakukan balita Anda.
  • Gunakan benda sederhana sebagai alat bantu. Bisa bola plastik, ikat pinggang karet, bahkan badan mobil Anda.
  • Untuk satu jenis gerakan, lakukan 3-5 kali. Hitungan ini tidak mutlak, sesuaikan dengan kondisi anak.
  • Selesai stretching, akhiri dengan permainan yang digemari anak, seperti melempar bola.
 
 

 


Artikel Rekomendasi

Load more