5 Manfaat Yoga untuk Orang Tua dengan Anak Autistik

 


Foto: Dok. Prana

 
Setiap orang tua memiliki tantangan sendiri dalam membesarkan anak-anaknya. Tak jarang, hal ini menyebabkan stres tersendiri. Jika tidak diatasi segera, stres akan terus menumpuk, yang justru berefek pada kesehatan fisik dan mental orang tua dan anak. Salah satu cara yang bisa dipilih untuk menjaga tubuh dan pikiran tetap sehat adalah melalui yoga secara rutin.

Untuk itu, Ayahbunda berkolaborasi dengan Tina Maladi dari Kids Yoga Jakarta dan pendiri Prana Satya Learning Center, mengadakan sesi workshop Yoga for Parents of Special Needs Children, di event SPEKIX, pada September 2019 lalu, di Jakarta Convention Center. Tina berbagi ilmu dan trik sederhana berlatih yoga, berdasarkan pengalamannya membesarkan putri sulungnya yang sudah remaja, yang didiagnosis autistik saat balita. Ia menemukan banyak sekali manfaat yoga untuk mereka berdua.

“Yoga memperbaiki postur tubuh anak-anak autistik yang cenderung tidak tegap, meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan otot tubuh, melatih konsentrasi, dan lebih terhubung dengan dirinya sendiri. Yoga juga mengurangi stres dan kecemasan lewat latihan pernapasan. Ini bisa menjadi salah satu terapi menyenangkan, karena seperti bermain bersama anak, dan bermanfaat untuk menjaga hubungan positif orang tua dengan anak,” jelas Tina, yang sudah mengikuti banyak pelatihan yoga di dalam dan luar negeri.

Di kesempatan ini Tina memperkenalkan chair yoga, yakni yoga dilakukan di kursi, tanpa menggunakan matras. Jadi, dalam kondisi apa pun, sebenarnya yoga bisa dilakukan dan bermanfaat. Diawali dengan pernapasan, Tina kemudian mengungkap trik mengajari anak autistik bernapas dengan benar melalui cara seru dan menyenangkan. Berikutnya adalah gerakan-gerakan yoga sederhana, yang bisa dilakukan oleh siapa pun dengan mudah. Seru!


GRACIA DANARTI


Baca juga:
6 Cara Mengelola Stres yang Dapat Dilakukan Bersama Keluarga
4 Olahraga Ringan untuk Ibu Hamil di Trimester Pertama

 

 


Artikel Rekomendasi

Load more