Kepedulian Desainer Vivi Zubedi untuk Perajin Perempuan dan Indonesia

 

Konferensi pers #FromVIVIZUBEDItoIndonesia

Nama Vivi Zubedi tentu sudah tak asing lagi. Sebagai desainer dan pemilik brand busana muslim, Vivi banyak melahirkan karya fesyen yang terinspirasi dari kekayaan budaya Indonesia. Perempuan bernama lengkap Vivi Mar'i Zubedi ini juga pernah mencuri perhatian sebagai desainer busana muslim di ajang bergengsi internasional seperti New York Fashion Week.

Sebagai pebisnis, Vivi Zubedi banyak menaruh perhatian dan memiliki visi terhadap pemberdayaan perempuan. Hal itu salah satunya diwujudkan Vivi dengan memberdayakan kerajinan lokal hasil karya perajin para perempuan Indonesia yang dituangkan dalam karya-karya fesyen Vivi. 

Misalnya saja, pada ajang New York Fashion Week 2018, Vivi melibatkan hasil kerajinan tangan perempuan dari daerah Kalimantan, dengan mempersembahkan koleksi Urang Banua. Koleksi ini terinspirasi dari Kain Sasirangan dan Tenun Pegatan. 

Sedangkan pada program ISEF 2019, Vivi Zubedi mempersembahkan koleksi The Purun Label yang diprakarsai dengan membeli kerajinan purun dari tangan pengrajin di Kalimantan. Koleksi ini didasari oleh conscious fashion yang tidak hanya tampak stylish tapi juga memberdayakan perempuan sebagai pengrajin dan kepedulian terhadap keberlanjutan lingkungan.

"Sebenarnya ketika saya berada di panggung New York Fashion Week, saya ingin melihat produk lokal. Jadi pada saat itu, saya turun ke daerah, ke pelosok-pelosok dan saya lihat ternyata banyak sekali pelaku atau perajin ini ternyata perempuan," cerita Vivi di acara konferensi pers Kontribusi Kepemimpinan Perempuan terhadap Masa Depan Indonesia yang Lebih Baik di Era Pandemi, yang digelar secara daring, Kamis, 27 Agustus 2020. 

"Saya tertarik sekali untuk menilik lebih jauh lagi akhirnya saya datangi beberapa kabupaten untuk kemudian saya ajak kolaborasi. Jadi karya-karya mereka itu saya kolaborasi dengan brand saya dan kemudian saya tampilkan di panggung internasional, yaitu New York Fashion Week."

"Jadi ada banyak mulai dari tas-tas rotan, kain daerah. Ternyata banyak sekali dari daerah ini kain-kain yang belum banyak dieksplor di Indonesia. Bahkan pada saat kita tanyakan ke masyarakat lokal, ada yang belum tahu. Salah satu contohnya adalah kain serat kayu," ujar Vivi yang juga pernah bekerja sama dengan fashion stylist untuk selebriti ternama seperti Jennifer Lopez, Beyonce.

Kampanye #FromVIVIZUBEDItoIndonesia
Sebagai merek fesyen yang memerhatikan isu ekonomi, sosial, dan pemberdayaan perempuan, Vivi Zubedi kembali meneruskan visinya dengan menggelar kampanye bertajuk #FromVIVIZUBEDItoIndonesia. Kampanye ini merupakan bentuk bakti dan apresiasi Vivi untuk bangsa dan masyarakat Indonesia yang senantiasa mendukung bisnis fesyen untuk terus berkembang baik di pasar lokal maupun global. 

"Sebenarnya ini bentuk apresiasi, bentuk bakti kepada masyarakat Indonesia, karena semakin ke sini, masyarakat Indonesia semakin menerima karya-karya lokal. Dari 2010 saya menjalankan industri fesyen ini, semakin ke sini saya merasa orang-orang semakin mengapresiasi produk yang merupakan karya-karya lokal," kata Vivi.

Bersama kampanye #FromVIVIZUBEDItoIndonesia, Vivi Zubedi mempersembahkan koleksi spesial 'All About Scarf', dengan salah satu serinya yakni Archipelago Scarf. Koleksi terbaru ini diluncurkan untuk merayakan semangat para perempuan inspiratif Indonesia yang bertepatan dengan perayaan hari Kemerdekaan Indonesia. 

Terdapat dua pilihan material dari Archipelago Scarf yaitu satin silk dan premium voal, koleksi ini hadir dengan kombinasi warna-warna gelap dan earth-tone, seperti navy, hitam, dan beige. 

 
Foto: Instagram @vivizubedi


Koleksi All About Scarf berasal dari keragaman dan keindahan motif etnik yang tersebar di kepulauan Indonesia. Inspirasi tersebut kemudian tertuang dalam kombinasi motif dan desain kontemporer VZ Monogram. Karakter desain VIVIZUBEDI pada koleksi ini hadir dengan permainan variasi warna terang hingga gelap yang memberikan kesan strong namun tetap elegan. 

Pada kampanye ini, VIVIZUBEDI mempersembahkan koleksi “All About Scarf” kepada 20 perempuan Indonesia inspiratif sebagai bentuk apresiasi atas kontribusinya di masyarakat, antara lain adalah Ingrid Kansil perempuan yang aktif bidang politik, Tini Sardadi seorang pengusaha perempuan, Shinta Bubu yang aktif di digital muslimahpreneur, dan perempuan yang menginspirasi lainnya.

Melalui kampanye #FromVIVIZUBEDItoIndonesia diharapkan mampu memberikan semangat emansipasi pada perempuan-perempuan Indonesia untuk terus berjuang memaksimalkan potensi diri demi masa depan bangsa yang lebih baik dan selalu menginspirasi di segala aspek kehidupan pada masa pandemi ini.

Sebelumnya, di masa pandemi ini Vivi bersama Yayasan Vivi Zubedi Indonesia telah melakukan berbagai kegiatan sosial di antaranya, program Sedekah #CegahCovid, pembagian beras gratis di Banjar Baru dan lainnya. Selain itu, Vivi Zubedi juga telah menjalankan kampanye #1000MukenauntukIndonesia dan program pembangunan masjid di beberapa daerah di Indonesia. 

ALI


 

 


Artikel Rekomendasi

Donasi Untuk Anak Terdampak Covid-19

Bulan Ramadan bulan kebaikan. PT Frisian Flag Indonesia selama bulan Ramadan tahun ini, melalui brand FRISIAN FLAG® PRIMAGRO® telah menyelenggarakan kampanye 1000 #LangkahKebaikanPrima ‘Pintarny... read more

Load more