Wajah Bayi Baru Lahir

 

foto: AFP

"Kok tidak mirip bunda, tidak mirip ayahnya juga," begitu komentar sahabat atau kerabat ketika bayi Anda baru lahir. Mengesalkan ya? Anda tidak sendirian. Banyak, kok, orang tua baru terkaget-kaget melihat penampilan bayinya. Memang bayi yang baru lahir bisa saja tampil sedikit “berbeda” dari ayah bundanya di beberapa hari pertama!

Berikut beberapa hal yang mungkin terjadi pada bayi baru lahir dan akan berubah setelah beberapa hari:

Benjolan di atas kepala. Bagian lunak yang menonjol seperti bengkak itu (caput succedaneum) muncul akibat tekanan rongga panggul pada kepala bayi beberapa saat sebelum lahir. Bentuk kepala seperti ini juga terjadi pada bayi yang lahir dengan bantuan vakum. Yang bisa Anda lakukan adalah, saat mandi, kompres bagian yang bengkak dengan handuk lembut yang sudah dicelupkan air hangat. Bentuk kepala akan normal dalam 2 minggu.  

Kelopak mata bengkak
. Hal ini dapat terjadi akibat tekanan di bagian mata bayi pada saat proses persalinan. Yang bisa Anda lakukan adalah mengompres matanya dengan air hangat pada saat mandi pagi dan sore hari.  
    
Wajah berbulu. Ih, seram! Namun Anda jangan khawatir, bulu-bulu halus itu tak akan tumbuh tebal sehingga bayi Anda terlihat menakutkan.
Yang bisa Anda lakukan adalah menghindari oleskan obat apapun untuk menghilangkan bulu-bulu halus tersebut. Biasanya, seminggu lagi bulu-bulu halus itu akan mulai rontok dan wajah si kecil pun berangsur bersih.

Hidung pesek. Padahal kedua orangtuanya mancung. Tunggulah beberapa hari, bayi yang lahir  dengan bentuk hidung seperti ini, bisa terjadi akibat tertekan saat proses persalinan normal.
Yang bisa Anda lakukan adalah tidak melakukan apa-apa. Tunggu saja 2-4 minggu maka hidung bayi akan “muncul" dan tampak normal seperti bayi lainnya. 
    
Daun telinga terlipat. Ketika janin semakin besar, ruang di rahim terasa makin sempit sehingga tak sengaja daun telinganya terlipat dalam waktu agak lama. Yang bisa Anda lakukan adalah 'membukanya' saat memandikan dan menimangnya secara perlahan-lahan. Dalam waktu maksimal 3 bulan daun telinga biasanya akan kembali normal.

 


Artikel Rekomendasi

Load more