Bunda Wajib Tahu 10 Singkatan MPASI Ini

 

Ilustrasi makanan MPASI. Foto: Pixabay


Bulan depan si kecil sudah mulai masuk fase MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu). Anda pasti sudah sibuk menyiapkan berbagai kebutuhan untuk makan pertamanya. Tak hanya itu, Anda juga mulai menghimpun resep-resep agar si kecil makan dengan lahap. Sering kali media sosial seperti Instagram menjadi salah satu sumber mencari resep MPASI. Ada banyak akun khusus MPASI atau akun ibu-ibu yang berbagi banyak hal seputar resep anaknya.
 
Namun, ada berbagai macam singkatan yang mungkin saja membuat ibu baru bingung. Nah, untuk itu, Anda perlu tahu, apa saja arti dari singkatan-singkatan yang sering dipakai saat membahas MPASI.


EVOO
Kependekan dari Extra Virgin Olive Oil. Merupakan jenis minyak zaitun yang berwarna hijau gelap dan memiliki bau khas zaitun yang lebih tajam. Extra Virgin Olive Oil diambil dari perasan pertama buah zaitun dengan menggunakan cold-press process dan tidak menggunakan bahan kimia. Extra Virgin Olive Oil ini digunakan untuk dressing makanan. Digunakan dengan cara dicampurkan langsung pada makanan bayi. Tujuannya adalah sebagai lemak tambahan pada MPASI.

ELOO
Kependekan dari  Extra Light Olive Oil. Merupakan jenis minyak zaitun yang berwarna lebih kuning dan aromanya lebih lembut. Extra Light Olive Oil digunakan untuk menumis atau menggoreng bahan makanan bayi.

EVCO
Kependekan dari Extra Virgin Coconut Oil. Jika minyak zaitun yang digunakan untuk memasak dan sebagai campuran makanan berbeda, maka Anda bisa menggunakan minyak kelapa murni untuk kedua fungsi tersebut. Extra Virgin Coconut Oil dapat digunakan sebagai minyak goreng alami yang lebih sehat untuk menumis atau menggoreng dan bisa juga digunakan sebagai bahan campuran salad atau kue.

UB
Kependekan dari Unsalted Butter. Merupakan mentega tawar yang bisa dicampurkan dalam makanan bayi sebagai lemak tambahan. Unsalted butter ada yang berbentuk balok, cara penggunaannya dengan diiris jika ingin dipakai. Ada pula yang sudah dalam bentuk cup, biasanya dipakai untuk satu porsi makanan.
 

Karbo
Kependekan dari karbohidrat. Artinya sumber makanan yang mengandung karbohidrat dalam MPASI. Bisa berupa beras, oatmeal, jagung, kentang, atau umbi-umbian.
 

Prohe
Kependekan dari protein hewani. Bisa berupa daging merah, unggas, ikan, telur, atau hati ayam.
 

Prona
Kependekan dari protein nabati, yakni sumber protein dari tumbuhan. Bisa berupa tempe, tahu, atau produk kacang-kacangan lainnya.
 

4* atau ****
Sering membaca tanda ini namun belum mengerti artinya? Ini adalah tanda untuk mengatakan ‘menu empat bintang’, yakni menu MPASI yang memenuhi unsur karbohidrat, protein hewani, protein nabati, serta buah dan sayur.
 

Yampung
Memang kreatif sekali ya, para ibu di media sosial. Ayam kampung pun disingkat menjadi ‘yampung’. Jadi jangan bingung lagi jika ada yang menuliskan ‘yampung’, ya, Bunda!
 

No GulGar
Atau ‘No Gula Garam’ adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan bahwa resep MPASI tersebut tidak memerlukan gula dan garam, biasanya ditujukan untuk bayi di bawah usia 12 bulan. Ginjal bayi di bawah satu tahun masih sulit untuk mencerna garam. Selain itu, pemberian gula sejak kecil berpotensi obesitas dan diabetes.
 
 
(Lela Latifa)

 

 


Artikel Rekomendasi

Selera Bayi Terhadap MPASI

Siapa bilang bayi tidak perlu rasa saat mengonsumsi makanan pendamping ASI? Mereka juga punya selera dan membutuhkan rasa yang lezat. ... read more

Load more