Panduan Penting untuk Ayah Baru

 

Caption


Panduan bagi ayah baru tentang kondisi istri yang habis melahirkan. Pahami, dan berikan bantuan sesuai kebutuhannya.

 

Ciptakan new normal. Para ayah yang sudah menunggu selama 9 bulan masa kehamilan mungkin berharap setelah bayi lahir, kondisi akan normal kembali. Saat bayi Anda lahir, hidup Anda berubah total. Ikuti arusnya, masuklah ke dalam ritme hidup yang baru. Butuh waktu untuk penyesuaian sampai Anda benar-benar terbiasa dengan normal yang baru.

 

Terbiasalah kurang tidur, karena ayah akan bersama-sama bunda menyusui, menyendawakan bayi, mengganti popok tengah malam, dan menidurkannya lagi. Hal ini akan lebih mudah bila bayi tidak berada di kamar yang terpisah dengan Anda. Letakkan bayi di tempat tidur yang terpisah tetapi di dalam satu kamar dengan Anda. Bayi akan menyusu setiap 2 jam, termasuk di saat Anda harusnya tidur lelap. Akan semakin mudah hidup Anda berdua bila bayi diberi ASI karena Anda tak perlu repot setiap kali membuatkan susu.

 

Pasang mata untuk perubahan suasana hati istri Anda. Baby blues dialami oleh 80% ibu pascabersalin, mengalami perubahan suasana hati tiba-tiba. Akan berakhir paling lama dua minggu. Bila lebih, Anda harus mencari bantuan profesional. Itu tandanya istri mengalami depresi pascabersalin yang memerlukan perawatan medis.

 

Bersikaplah baik terhadap diri sendiri. Perencanaan, berbagai pengeluaran, stress sembilan bulan berlalu dan bayi sudah lahir. Tak hanya lelah, mungkin Anda juga merasa kecewa itu wajar, imbas dari kombinasi bayi baru dan tanggung jawab baru. Faktanya, sebanyak 25% ayah baru mengalami paternal postnatal depression atau depresi pascapersalinan versi ayah. Merasa ditinggalkan dan kewalahan dengan berbagai tuntutan yang diberikan kepada Anda. Pertahankan tingkat energi yang tinggi dengan makan yang baik. 

 
Baca: Cara Mengatasi Baby blues Pada Ayah

Bersikaplah baik terhadap istri. Ambil alih sebagian besar pekerjaannya karena kegiatan menyusui selama 15 menit menguras banyak energi, sama seperti melakukan treadmill selama 1 jam. Bila sangat diperlukan, Anda dapat menggunakan jasa ART yang tidak menginap. Bila ada tamu ingin berkunjung, pastikan tidak terlalu lama agar istri punya waktu cukup untuk istirahat. Siapkan minuman dan kudapan setelah istri menyusui. Saat menyusui, berikan usapan atau pijatan ringan di punggung/bahu. 

 

Asuh anak bersama-sama. Anda dan istri mungkin sama-sama belum mahir, itu tidak jadi soal. Tidak ada orang yang tahu merawat bayi sejak lama. Semua dipelajari begitu Anda mendekati bayi lahir, atau begitu bayi lahir. Jangan khawatir bila Anda melakukannya berbeda dengan cara istri. Setiap orang tua punya cara yang berbeda, dan itu sangat disukai bayi.

 

Bersabarlah bila Anda ingin seks. Ini akan jadi to do list nomor terakhir saat ini berkaitan dengan energi Anda. Tapi bila Anda sangat menginginkan, ada hal yang harus Anda pertimbangkan seks setelah melahirkan. Anda harus mendapat lampu hijau dari dokter istri Anda karena kondisi kesehatannya. Ingat, dia baru saja mengalami peristiwa yang sangat memeras energi fisik dan mental. Saat istri Anda setuju untuk melakukannya, cek, apakah ada yang tersakiti atau merasa tidak nyaman. 

 

Bicaralah, bila Anda ragu dapat melakukan pengasuhan dan perawatan bayi. Banyak orang tua baru merasa tidak yakin. Terbukalah dengan istri apa saja kekhawatiran Anda.




 

 


Artikel Rekomendasi

Kebingungan Ibu Baru

Ibu baru menghadapi banyak hal baru. Banyak keputusan harus dibuat berkaitan dengan kesehatan dan kesejahteraan bayi. ... read more

Load more