Memilih Hewan Peliharaan

 

  • Anjing. Tepat untuk keluarga yang memiliki banyak waktu luang, taman atau rumah yang cukup luas untuk anjing bergerak, cocok untuk anak usia berapapun. Pilih jenis: Golden Retriever dan Pudel. Perawatan: Membutuhkan kasih sayang dan olahraga teratur, dibawa ke dokter hewan untuk check-up 1 bulan sekali, perawatan ke salon hewan sesekali dan diberi makan 2-3 kali sehari.
  • Kucing. Tepat untuk keluarga yang memiliki ruang tidak terlalu besar. Pilih jenis: Persia, tergolong jinak dan mudah patuh. Perawatan: Membutuhkan penggantian tempat tidur setiap hari, demi antisipasi toxoplasma. Beri kucing makan 2-3 kali sehari.
  • Ikan. Tepat untuk bayi dan balita, serta kondisi rumah apapun. Pilih jenis: Ikan hias air tawar, seperti ikan mas koki atau cupang yang beraneka ragam warnanya. Perawatan: Tidak berlebihan memberikan makanan karena sisa makanan dapat mengotori air dan bisa menjadi racun bagi ikan. Berikan vitamin khusus ikan yang diteteskan ke air aquarium satu minggu sekali.
  • Kelinci. Tepat untuk keluarga yang memiliki taman luas dan memiliki anak usia 1 tahun ke atas. Pilih jenis: Kelinci jenis apapun boleh dipilih, seperti Rex, Lop, English Spot, Herlequin, atau m.Tan. Pilih kelinci di atas usia 3 bulan, pencernaan dan daya tahan tubuhnya sudah cukup sempurna. Perawatan: Selalu berikan sayuran segar. Khusus anak kelinci, tidak perlu diberikan air minum atau wortel yang banyak karena mengandung air. Berikan jerami agar kelinci hangat.
  • Guinea Pig. Tepat untuk anak usia 3 tahun ke atas. Perawatan: Butuh kandang yang cukup besar, lengkap dengan ventilasi agar bisa berjalan-jalan. Sertakan jerami atau robekan kertas pada kandang untuk menghangatkan, dan jangan lupa ganti setiap hari. Guinea Pig perlu memotong kuku setiap 4-6 minggu.
  • Burung. Tepat untuk anak usia 2 tahun ke atas. Namun hindari balita memegang burung sendirian. Tangannya masih belum lihai mengukur kekuatan menggenggam burung. Pilih jenis: kakak tua, kutilang, atau kenari karena perawatannya mudah dan rajin berkicau. Perawatan: Butuh kandang yang cukup untuk burung merenggangkan sayapnya dan bersihkan 2 kali dalam satu minggu. Hindari wadah makanan dan minumannya kosong. Jemur burung pada pagi hari, agar tubuhnya sehat. (me)
Baca juga:
Tips Sehat Memelihara Binatang
Belajar Dari Memelihara Binatang
Pelihara hewan saat hamil


 


Artikel Rekomendasi

Load more